Waktu Standar Indonesia WIB | UTC

Upacara Bendera dalam Rangka Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2024

June 4, 2024 Berita

YOGYAKARTA (01/06/2024) – Pada Hari Sabtu Tanggal 01 Juni 2024, diselenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara nasional oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta (BMKG DIY). Tahun ini, upacara 1 Juni 2024 digelar di Stasiun Klimatologi D.I Yogyakarta.

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Indonesia Nomor 2 Tahun 2024 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Tahun ini peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045’. Peringatan ini sebagai bentuk Pancasila dalam tindakan dan pelaksanaan pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Adapun logo peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 diberi nama “Sandya Taru” atau Pohon Persatuan berwarna merah yang dihiasi tunas berwarna emas di puncaknya. Logo Harlah Pancasila 2024 yang berjuluk Sandya Taru tersebut mencerminkan persatuan, gotong royong dan kesetaraan. Lambang Pohon Persatuan tercetus dari sila Pancasila ketiga yakni ‘Persatuan Indonesia’ yang disimbolkan Pohon Beringin.

Peserta upacara adalah seluruh ASN di lingkup kerja/UPT BMKG wilayah D.I Yogyakarta meliputi Stasiun Geofisika Sleman, Stasiun Meteorologi YIA dan Stasiun Klimatologi D.I Yogyakarta serta siswa Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika (STMKG) yang tengah melaksanakan kegiatan magang – MBKM. Dalam upacara tersebut, peserta upacara/ASN diwajibkan mengenakan pakaian adat daerah, dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan pakaian adat yang beraneka ragam di Indonesia. (irw)


            

            

                        
            
            
Registrations
 *
Please login to view this page.
Please login to view this page.
Please login to view this page.